Pages

Kamis, 02 Januari 2014

PENALARAN DEDUKSI


PENALARAN DEDUKSI
Secara Langsung
1)      Semua besi adalah penghantar panas.
Sebagian penghantar panas adalah besi.

Semua api adalah panas.
Sebagian yang panas adalah api.

2)      Tidak satupun televisi adalah radio.
Tidak satupun radio adalah televise.

Tidak satupun lampu adalah obor.
Tidak satupun obor adalah lampu.

3)      Semua ban adalah bulat.
Tidak satupun ban adalah tidak bulat.

Semua televisi adalaha barang elektronik.
Tidak satupun televise adalah tidak elektronik.

4)      Tidak satupun kucing adalah anjing.
Semua kucing adalah tidak anjing.

Tidak satupun manusia adalah binatang.
Semua manusia adalah tidak binatang.

5)      Semua makhluk hidup adalah minum.
Tidak satupun makhluk hidup adalah tidak minum.
Tidak satupun yang tidak minum adalah makhluk hidup.

Semua es adalah dingin.
Tidak satupun es adalah tidak dingin.
Tidak satupun yang tidak dingin adalah es.







Secara Tidak Langsung

1.       Silogisme kategorial
Semua karbohidrat adalah mengenyangkan.
Nasi adalah karbohidrat.
Jadi nasi mengenyangkan.

Semua buah asam mengandung vitamin C.
Jeruk adalah buah asam.
Jadi jeruk mengandung vitamin C.

2.       Silogisme hipotesis
Jika dimarahin anak itu menangis.
Anak itu dimarahi.
Jadi anak itu menagis.
Jika anak itu tidak dimarahin anak itu tidak menangis.
Anak itu tidak dimarahin.
Jadi anak itu tidak menagis.

Jika ia malas menyikat gigi, giginya akan berlubang.
Ia malas menyikat gigi.
Jadi gignya berlubang.
Jika ia tidak malas menyikat gigi maka ia gignya tidak berlubang.
Ia tidak malas menyikat gigi.
Jadi giginya tidak berlubang.

3.       Silogisme alternative
Dia seorang amanah atau koruptor.
Dia seorang amanah.
Jadi dia bukan seorang koruptor.
Dia bukan seorang amanah.
Jadi dia koruptor.

Itu kelinci liar atau peliharaan.
Itu kelinci liar.
Jadi itu bukan kelinci peliharaan.
Itu bukan kelinci liar.
Jadi itu kelinci peliharaan.


4.       Entimen
Dia adalah guru.
Jadi dia orang yang bijaksana.
Dia adalah orang yang bijaksana, dia adalah guru.

Dia adalah orang tua.
Jadi dia menyayangi anaknya.
Dia menyayangi anaknya, dia adalah orang tua.

5.       Rantai deduksi
Durian adalah buah yang kuat aromanya.
Saya tidak suka dengan durian.
Karena durian kuat aromanya.
Saya diberikan durian oleh teman saya.
Saya menolaknya.
Karena durian ini kuat juga aromanya.
Jika ditawarkan durian.
Saya akan memberikan kepada pacar saya.
Pacar saya suka durian.
Karena durian manis dan enak rasanya.
Dia sering menawarkan saya durian.
Saya selalu menolaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar