Pages

Selasa, 25 Desember 2012

Dampak Game Bagi Anak

sekarang ini jarang sekali dapat ditemukan anak-anak yang bermain di luar bersama, bisa di bilang ini karena adanya kemajuan teknologi. berkat kemajuan teknologi banyak game baru yang dihasilkan dan dapat dengan mudah di dapat baik itu melalui internet, ataupun kaset. hal ini tentu saja berdampak negatif bagi perkembangan anak, salah satu contohnya banyak anak yang bahkan tidak mengenal tetangga di sekitar rumahnya karna setiap hari disibukkan dengan game. selain itu di sini akan di bahas tentang dampak lain game terhadap anak : 
  • Lupa waktu. Permainan yang menjadi favorit anak-anak biasanya baru dapat diselesaikan setelah beberapa jam kemudian.      Hal ini akan membuat si anak menjadi menghabiskan waktu penuhnya hanya untuk menyelesaikan game dan lupa akan waktu untuk melakukan hal-hal untuk aktivitas berikutnya.

  • Gamers addict yang menimbulkan penyakit. segala sesuatunya yang dilakukan secara berlebih dan diambang batas normal tentu akan memiliki dampak yang tidak menyenangkan. Hal itu dapat terlihat pada gamers addict. Perhatikan mereka, cenderung si addict memiliki penyakit seperti, berkacamata di umur yang muda karena terlalu lama sekali menatap animasi yang tampil di layar, bahkan mengalami radang nyeri pada bagian organ yang paling sering digunakan untuk bermain misalnya, tangan bahkan jari mereka.
  • Tidak sedikit permainan PlayStation menayangkan adegan kekerasan, misalnya perkelahian atau penembakan. Bila permainan ini disuguhkan pada anak kecil yang benar-benar lugu dan tidak mengerti tentang kekerasan, ia bisa saja menirunya di dunia nyata.
  • Pengaruh PlayStation yang juga sangat buruk adalah anak-anak bisa kecanduan, sehingga menjadi lupa waktu dan meninggalkan pekerjaan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya menjadi malas belajar, hal ini pasti merugikan anak-anak.
  • Walau PS bisa meningkatkan sosialisasi, tak jarang anak-anak yang lebih suka menyendiri untuk bermain PS. Mereka umumnya menjadi anak yang cuek dan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya.
  • Pengaruh PlayStation juga meliputi kesehatan. Dampak buruk PS pada kesehatan bisa bermacam-macam.
  • Anak-anak bisa terserang gangguan penglihatan karena terlalu lama terkena cahaya video game. Selain itu, biasanya anak-anak bermain PS dalam jarak dekat dengan monitor/televisi.
  • Pertumbuhan tulang juga bisa tidak bagus karena anak-anak akan sering duduk dan biasanya cenderung membungkuk. Tangan dan jari juga bisa terkena rasa nyeri karena selalu bergerak saat bermain PS.
  • Dampak buruk PlayStation yang lain adalah membuat anak menjadi boros.
  • Bayangkan bila mereka tidak memiliki PS di rumah, anak-anak biasanya akan mendatangi rental atau persewaan PlayStation. Dalam satu bulan, bisa saja anak-anak tersebut menghabiskan seratus ribu lebih bila mereka sudah kecanduan PS.


tapi ternyata game memiliki beberapa dampak positif, diantaranya :
1. Empati

Game bisa mengembangkan empati pada diri seseorang karena saat ngegaMe ia biasanya involve dengan karakter-karakter yang ada dalam game tersebut.
2.Post-traumatic

Game bisa mengubah mood seseorang dan bisa membantu melupakan traumatik pada pasien meskipun hal ini tidak permanen.
3. Cara belajar baru

Belajar tidak harus serius, dengan gamepun seseorang bisa mempelajari banyak hal. Ini pun didukung dengan banyaknya game yang melatih otak.
4.Manajemen penglihatan

Gamer dilaporkan tidak akan mengalami masalah penglihatan meski ia doyan nge-game, justru manajemen penglihatan mereka lebih bagus.
5. Resep untuk nyeri

Game bisa membantu seseorang yang sedang menderita nyeri karena saat ngegame fokus seseorang teralihkan di permainan yang sedang ia lakukan.
6. Berimajinasi lebih baik

Dikatakan oleh dr. Irzan, imajinasi seseorang akan lebih baik bila ia sering ngegame.
7. Koordinasi tangan dan mata

Gamer memiliki koordinasi tangan dan mata yang lebih baik karena ia sudah terlatih saat melakukan permainan.

sumber :

  • http://yuanhera.wordpress.com/2012/03/12/dampak-positif-dan-negatif-game-bagi-anak/
  • http://regional.kompas.com/read/2012/07/01/23215127/Waspadai.Dampak.Negatif.Game.dan.Internet
  • http://blog-habibie.blogspot.com/2012/03/dampak-game-terhadap-anak.html
  • http://forum.viva.co.id/kesehatan/507341-anak-hobi-main-game-ini-dampaknya-bagi-kesehatan.html
semoga bermanfaat, :)
Desiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar